Implementasi CSR dalam pengembangan masyarakat

Sejalan dengan bergulirnya wacana implementasi tanggung jawab sosial perusahaan atau biasa disebut CSR, kegiatan kedermawanan perusahaan terus berkembang dalam kemasan philantrophy dan Community Development (pengembangan masyarakat). intinya kegiatan kedermawanan yang sebelumnya kental dengan pola kedermawanan ala Robin Hood makin berkembang ke arah pemberdayaan masyarakat semisal pengembangan kerja sama, memberikan keterampilan dan lain sebagainya.

implementasi CSR hendaknya kini harus lebih diarahkan pada kegiatan yang lebih berdayaguna bagi masyarakat, bukan terbatas hanya pada kegiatan yang bersifat memberi, tetapi harus lebih pada kegiatan edukasi dan praktek pendampingan swadaya masyarakat, sehingga dampak dari kegiatan tersebut lebih bertahan lama dan dapat terus berkembang.

CSR kini bukan sekedar donasi, CSR bukan sekedar  membagi, namun…CSR adalah tanggung jawab untuk memberdayakan masyarakat sekitar melalui berbagai cara. cara yang dimaksud adalah cara untuk mengembangkan potensi masyarakat sehingga dapat terus berkelanjutan. sebagai contoh adalah kegiatan pelatihan tekhnisi Handphone dan kewirausahaan yang dilakukan oleh PT. Telkom ( bukan promosi, aku ngambil kasus ini karena mahasiswaku riset tentang ini), apa yang dilakukan oleh PT Telkom adalah salah satu bentuk CSR dalam wacana pengembangan masyarakat. mulai dari pelatihan, pemberian modal hingga pendampingan usaha, kesemuanya adalah contoh yang baik untuk perencanaan program pengembangan masyarakat sebagai bentuk implementasi CSR.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s