Gradasi Intensitas

          Gradasi intensitas adalah tingkat kekuatan pesan yang sampai kepada komunikan.

          Peralatan tubuh manusia terdiri dari dua jenis, yaitu peralatan jasmani (bersifat konkret) dan peralatan rohani (bersifat abstrak). Telinga, mata, mulut, hidung, kaki, tangan, dll adalah bagian dari peralatan jasmani manusia. Akal, budi, naluri, hati nurani adalah bagian dari peralatan ruhani manusia. Keduanya selalu beriringan dan tidak ada yang lebih dominan di antara keduanya. Peralatn rohani manusia berkembang berdasarkan kondisi lingkungan, pendidikan, baik formal maupun informal, dan interaksi kontinyu antara manusia dengan lingkungannya.

          Akal adalah salah satu peralatan rohani manusia yang berfungsi untuk membedakan mana yang salah dan mana yang benar, mengingat, menghubungkan, menganalisis dan menyimpulkan. Kemampuan akal manusia tergantung kepada luas pengalaman dan tingkat pendidikannya,formal maupun informal. Tidak ada  yang betul-betul sama.

          Budi : berfungsi untuk membedakan mana yang baik dan buruk (etika), indah/tidak indah(estetika), sopan /tidak sopan (etiket /perasaan tata krama kesopanan), adil atau tidak adil(perasaan keadilan)

          Budi adalah fungsi perasaan, anda dapat menyatakan bahwa keputusan yang diambil sdh seadil-adilnya, tp tidak menirut orang lain.

          Naluri : dorongan yang dibawa manusia sejak lahir untuk berprilaku tertentu. Naluri sering disebut jg instink, salah sat naluri misalnya adalah naluri ketuhanan, naluri kebahagiaan,naluri sosial, naluri ingin tahu, naluri komunikasi,

          Hati nurani adalah peralatan rohani manusia yang berfungsi sebagai pedoman manakala akal, budi, naluri tidak dapat memutuskan dan manusia berada dalam kebimbangan

          Hati nurani pada dasarnya adalah anggukan universal: pelanggaran terhadapnya adalah perendahan harkat dan martabat manusia.ia berlaku dimanapun, kapanpun, tanpa mengenal ras, golongan, maupun agama.

          Hati nurani bersifat personal : berkaitan erat dengan individu yang bersangkutan. Mewarnai kepribadian, hati nurani berkembang bersamaan dgn perkembangan usia, pendidikan dan pengalaman hidup manusia. HN hanya berbicara atas nama manusia pemiliknya.

Advertisements

2 comments on “Gradasi Intensitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s